22 views

Ridho Dorong Pengembangan Tanaman Hortikultura dengan Pompa Tanpa Mesin

HARIANFOKUS.com – Gubernur Muhammad Ridho Ficardo mendorong petani untuk mengembangkan tanaman hortikultura dengan teknologi tepat guna pompa air tanpa mesin (PATM). Selain dapat menghemat pengeluaran, juga dapat menambah penghasilan petani. Menurut Kepala Dinas Pengairan dan Kawasan Permukiman Pengelolaan Sumber Daya Air Lampung, Edarwan, arahan gubernur tentang PATM itu menjadikan Provinsi Lampung sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang memanfaatkan air permukaan dengan teknologi tepat guna, yang sebelumnya hanya dilakukan uji coba di daerah Gunung Kidul, Jawa Tengah.

“Gubernur melihat di Lampung ini banyak sungai-sungai kecil, namun airnya tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Dengan teknologi PATM ini, dalam radius 1 kilometer bisa terjangkau, hingga bidang hortikultura bisa hidup dan berkembang,” ujar Edarwan, Kamis (18/1/2018).

Dengan perhatian Gubernur Ridho diharapkan ke depan hasil petani juga ikut bertambah, misalnya dengan mengembangkan tanaman hortikultura. “Jadi tidak terpaku dengan tanaman keras saja, hingga menambah hasil dari petani itu sendiri,” ujar Edarwan.

Menurut Edarwan, saat ini pihaknya tengah mengujicobakan dua alat PATM di Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di Kecamatan Jepara dan Labuhan Ratu. Lampung Timur menjadi salah satu daerah yang tidak tersentuh oleh irigasi. Dengan perhatian Gubernur Ridho, maka pemerintah langsung bertindak dengan cara memanfaatkan air permukaan melalui teknologi tepat guna PATM.

“Beberapa waktu lalu kami sudah melakukan uji coba. Alhamdulillah, airnya sudah bisa naik. Insya Allah Gubernur Ridho dalam akhir bulan ini akan langsung menginformasikan kepada masyarakat setempat,” jelas Edarwan.

Selain Kabupaten Lampung Timur, teknologi tepat guna PATM juga sudah dan akan berjalan di Kota Bandarlampung (air bersih), Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, dan Lampung Utara. Untuk di Kabupaten Tulangbawang Barat, akan dilanjutkan kembali pada tahun 2019 mendatang, dikarenakan faktor cuaca yang dulu merendam sebagian mesin PATM. Seperti diketahui, penerapan teknologi PATM ini untuk mendorong pencapaian target produksi pertanian di Provinsi Lampung.

Selain itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lampung, hingga saat ini terus melakukan uji publik untuk menentukan detailed engineering design (DED), guna menghitung bagaimana debit air ketika musim hujan dan musim kemarau. Pasalnya, mesin ini tidak menggunakan mesin.
Penggunaan pompa ini pun, bisa menghemat pengeluaran untuk mengairi sawah karena tanpa bahan bakar minyak (BBM). Dengan cara menggunakan debit air sungai dan sumber mata air yang mengalir di sekitar lahan pertanian. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *