11 views

Peta Kekuatan Ridho dan Herman

HARIANFOKUS.com – Pasangan calon Herman-Sutono masih menjadi pasaing terberat calon petahana, Ridho-Bachtiar pada Pilgub Lampung tahun ini. Elektabilitas petahana masih unggul sekitar 12 persen (35,6 persen) dibanding Herman-Sutono 23,6 persen.

Lantas bagaimana peta masing-masing kekuatan kedua rival abadi tersebut?

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan SMRC pertanggal 3-8 Maret, Herman unggul atas pemilih yang tinggal diperkotaan sementara Ridho unggul dipedesaan. Herman memperoleh dukungan diperkotaan mencapai 50,4 persen sedangkan Ridho hanya 22,9 persen.

“Sedangkan di pedesaan Ridho unggul memperoleh 39,9 persen, sedangkan Herman 14,7 persen,” kata Direktur SMRC, Sirojudin Abas, Minggu (25-3) malam.

Kekuatan untuk kalangan agama dan etnis, pemilih Ridho merata, baik etnis Jawa, Lampung, Sunda/Banten dan etnis lainnya, sementara Herman unggul mencolok di etnis lainnya dibandingkan etnis Jawa, Lampung, Sunda/Banten.

“Untuk kalangan agama masyarakat pemilih Ridho juga merata, baik muslim maupun non muslim. Sedangkan pemilih Herman lebih banyak pemilih yang berasal dari non muslim. Walau tidak dominan, Ridho masih unggul disemua kalangan etnis dan agama,” paparnya.

Sementara untuk lapisan pendidikan dan pendapatan, masyarakat yang memilih Ridho juga merata. Ridho kalah dikalangan masyarakat yang memiliki pendapatan diatas Rp 1,4 Juta.

“Ridho juga unggul signifikan dikalangan masyarakat yang bekerja sebagai petani, nelayan, dan peternak. Sedangkan Herman unggul tidak terlalu signifikan dikalangan buruh, guru, dosen, pedagang dan oegawai swasta,” pungkasnya. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *