498 views

Eva Menang, Khoir CS Di DKPP kan Lagi

HARIANFOKUS.com – Pasangan Eva Dwiana – Deddy Amarullah akhirnya memenangkan sidang gugatan di Mahkamah Agung (MA). Kemenangan Eva – Deddy ini menyusul dengan dikabulkannya permohonan paslon yang diusung PDIP, Gerindra, dan NasDem.

Putusan MA tertuang dalam dokumen putusan permohonan sengketa Pelanggaran Administratif Pemilihan Kepala Daerah Bandarlampung bernomor Nomor 1 P/PAP/2021.

Pada putusan itu, MA memberikan dua putusan penting yakni pertama menolak intervensi dari paslon Rycko Menoza dan Johan Sulaiman. Dan kedua, dalam pokok sengketa mengabulkan permohonan Eva Dwiana dan Deddy Amarullah, untuk seluruhnya.

MA juga menyatakan bahwa Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Bandarlampung Nomor 007/HK.03.1-Kpt/1871/KPU-Kot/I/2021, tanggal 8 Januari 2021, tentang Pembatalan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung Tahun 2020, atas nama Pasangan Eva Dwiana dan Deddy Amarullah, batal dimata hukum.

Sebagai konsekuensinya, MA memerintahkan KPU Kota Bandarlampung untuk mencabut Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung yang mendiskualifikasi pasangan nomor urut 3 tersebut.

Disisilain, Bawaslu Lampung yang dipimpin Fatikhatul Khoiriyah, langsung dilaporkan ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) Republik Indonesia oleh Rakyat Lampung Untuk Pemilu Bersih (KRLUPB).

“Yang kita adukan inikan keputusan Bawaslu Lampung yang mendiskualifikasikan pasangan Eva Dwiana- Dedi Amarullah,” kata Ketua KRLUPB Rakhmat Husein DC, Rabu (27/1).

KRLUPB bukan pertama kali melaporkan Bawaslu Lampung dan selalu mendapat sanksi peringatan. Lalu seperti apa nasib Bawaslu Lampung nanti, kita tunggu hasil sidang DKPP.(win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *