5 views

Arinal Santuni Anak Yatim Piatu

HARIANFOKUS.com- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan 520 paket santunan kepada Yayasan Anak Yatim dan Duafa secara simbolis, yang dilaksanakan di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Rabu (5/5/2021).

Santunan ini diberikan kepada panti asuhan, tenaga sukarela, anak yatim dan rohis Abdul Moeloek. Pemberian dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan dihadiri perwakilan penerima santunan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal berharap pemberian santunan itu dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus melatih rasa sosial dan kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan di Bulan Ramadhan ini.

“Pada bulan ini, kita dianjurkan untuk banyak beramal sholih, di antaranya adalah membaca Alquran, memperbanyak berdoa, bersedekah dan lain-lain,” jelas Gubernur Arinal.

Arinal menjelaskan, bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia dimana di dalamnya terdapat malam yang mulia yaitu Lailatul Qadar.

“Pada hari ini, kita mengaplikasikan ajaran sunah beliau, yaitu menyantuni anak yatim dan duafa. Seperti kita ketahui, menyantuni anak yatim kelak di akhirat akan bersama beliau, bahkan sangat dekat, sedekat jari telunjuk dan jari tengah,” ujar Gubernur.

Gubernur menilai momentum seperti ini memang harus dilaksanakan, dijaga, dilestarikan. “Kalau bisa bukan hanya pada bulan Ramadan, tetapi juga di bulan lainnya. Karena uluran tangan kita sangat dibutuhkan oleh orang lain,” katanya.

Momentum ini juga mengajarkan bahwa tangan di atas itu lebih baik dari tangan di bawah. “Dengan kita banyak memberi, membantu, dan menolong orang lain baik dalam kondisi lapang maupun sempit, maka Allah juga pasti akan menolong kita baik diwaktu lapang maupun sempit,” ujarnya.

Seperti diketahui, Nabi Muhammad SAW memberikan contoh mulia kepada umat Islam agar beramal saleh pada Ramadan. Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa ketika Ramadan tiba, Nabi adalah orang yang paling banyak berbuat kebaikan. Salah satunya teladan kedermawanan Rasul.

Pada bagian lain, Gubernur Arinal berharap Rohis RSUDAM dapat menjadi motor untuk mensyiarkan agama Islam terutama di lingkungan RSUD Dr. H. Abdul Moeloek ini.

“Melalui kegiatan ini, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus jiwa sosial kita kepada yang membutuhkan. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 148 Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan. Kebaikan apa pun yang kita lakukan, percayalah semua itu untuk dan akan kembali kepada dirimu dan keluargamu,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Plt. Direktur Abdul Moeloek Reihana mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah berkenan hadir dan memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa.

Reihana menjelaskan, kegiatan santunan ini diadakan Rohis RSUDAM dan merupakan upaya untuk mensyiarkan agama tercinta kita walaupun dalam kondisi pandemi.

“Dengan adanya santunan ini diharapkan kita sebagai umat muslim dapat lebih semangat lagi dalam berbagi kepada sesama,” ujar Reihana.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan semangat kepada seluruh karyawan RSUDAM, terutama dalam hal bersedekah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan pemberian santunan ini sasarannya adalah anak yatim di bawah 16 tahun dan duafa.

“Santunan ini diberikan kepada panti asuhan, tenaga sukarela, anak yatim rohis Abdul Moeloek,” jelasnya.

Adapun donatur yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini yaitu terdiri dari 94 donatur dan Gubernur Lampung. “Terima kasih kepada Gubernur Lampung yang sudah hadir dan memberikan sumbangan,” ujarnya. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *