200 views

Tokoh NU Sedih Lihat Gaya Ardito

HARIANFOKUS.com – Aksi Wabup Lamteng, Ardito Wijaya, yang bernyanyi dan berjoget berbaur dengan massa, yang mengabaikan protokol kesehatan, rupanya diam-diam membuat sedih tokoh NU Lampung, Aryanto Munawar.

Sekretaris NU Lampung ini terus terang menyatakan kesedihan dan penyesalannyaatas perilaku Wabup Ardito Wijaya yang kini kasusnya tengah dalam penanganan Polda Lampung.

Apa saja kata Aryanto Munawar, mantan anggota FPKB DPR-RI, soal pelanggaran prokes oleh Ardito Wijaya? Berikut petikan wawancara Edwin Febrian dengan mantan Ketua DPD KNPI Lampung itu:

Apa tanggapan Anda atas perilaku pelanggaran prokes yang nyata-nyata dipertontonkan Wabup Lamteng, Ardito Wijaya?

Jujur ya, bagi saya apa yang dilakukan Wabup Lamteng itu sangat menyedihkan. Sekaligus memalukan.

Bisa lebih dijelaskan maksudnya?

Begini ya, Ardito Wijaya itu kan seorang pejabat pemerintahan, mantan tokoh pemuda, juga pimpinan partai. Dan yang membuat saya paling miris, beliau itu seorang dokter. Masak sebegitunya perilaku yang dipertontonkan ke publik.

Menyedihkannya lagi, apa menurut Anda?

Saat seluruh jajaran aparatur negara sedang bekerja keras, saat seluruh komponen masyarakat bekerja bersama melindungi bangsa dari serangan virus covid-19 ini, saat tokoh masyarakat berusaha meyakinkan sekelompok orang yang masih tidak percaya tentang covid-19, seorang dokter yang tokoh partai dan memegang jabatan penting di pemerintahan, kok malah berperilaku seolah tidak ada sesuatu yang patut untuk ditakuti dan tidak perlu mengikuti saran pemerintah. Ini yang membuat saya dan saya yakin kita semua sebagai sesama anak bangsa, sangat menyesalkan apa yang diperbuat Ardito itu.

Bagaimana pandangan Anda soal aksi pelanggaran prokes ini dilaporkan ke pihak berwenang?

Sangat saya apresiasi itu. Memang sudah seharusnya jalur hukum yang ditempuh bila ada hal-hal yang meresahkan masyarakat seperti ini. Penegakan supremasi hukum itu harus menjadi langkah utama untuk memperjelas hal-hal yang bisa menyulut persoalan di masyarakat. Dan tentunya, kita semua harus mengikuti perkembangan proses hukumnya.

Anda optimis penegak hukum akan memproses kasus pelanggaran prokes oleh Wabup Lamteng ini?

Tentu saja saya optimis. Aparat penegak hukum kita makin membaik dalam pelaksanaan penanganan persoalan hukum yang ditanganinya. Dan tentu Polda Lampung juga tidak mau main-main dalam menangani masalah ini. Sebab urusan pelanggaran prokes ini kan sudah menjadi sorotan secara nasional. Tentu, kita sebagai warga masyarakat, harus juga terus memantau perkembangannya. Jangan didiamkan saja. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *