107 views

Ternyata, Lampung Baru Kebagian 1,5 Juta Vaksin

HARIANFOKUS.com – Perlahan tapi pasti mulai terungkap biang menggilanya penyebaran virus Covid-19 di Lampung. Ternyata, sampai saat ini provinsi dengan 15 kabupaten/kota ini baru kebagian pasokan vaksin tak lebih dari 1,5 juta saja.

Padahal, kata Sekprov Lampung Fahrizal Darminto, sedikitnya dibutuhkan 6,6 juta vaksin untuk provinsi ini.

“Lampung kekurangan 12 juta lebih vaksin dosis lengkap,” kata dia, Kamis (25-7).
Dia mengaku, pihaknya bisa saja mempercepat laju vaksinasi jika memang stok cukup.

“Vaksinasi ini bisa dilakukan maraton untuk mempercepat. Tapi, persoalannya jumlah dosis yang diterima masih terbatas,” imbuhnya.

Menurut dia, Lampung membutuhkan 6,6 juta dosis. Namun, sampai saat ini suplai vaksin dari pemerintah pusat masih minim. Ia menyebutkan jumlahnya tak sampai 1,5 juta dosis.

“Ini hitungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), dari total 6,6 juta yang dibutuhkan, kita baru menerima vaksin dari Kemenkes swbanyak 956 ribu. Beberapa hari lalu ada datang lagi, ya beberapa ribu juga. Jadi belum sampai 1,5 juta kasarannya,” ucap Fahrizal terus terang.

Padahal, sambungnya, cakupan vaksinasi di Lampung masih rendah, terutama untuk kelompok lanjut usia (lansia). Dimana hingga saat ini vaksinasi lansia bahkan belum sampai 10 persen.

“Masih sangat kurang. Dosis pertama baru 6,4%, dosis kedua baru 4%,” kata Fahrizal seraya menambahkan, cakupan vaksinasi yang hampir selesai baru untuk tenaga kesehatan.

Dengan sangat minimnya pasokan vaksin dari pusat, sangatlah wajar jika saat ini di Lampung tidak ada satu pun daerah yang zona hijau. Saat ini empat kabupaten berada di zona merah, yaitu Pringsewu, Lampung Utara, Lampung Timur, dan Pesawaran. 11 kabupaten/kota lainnya berada di zona oranye. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *