74 views

Gubernur Wajib Denger Ini: Reihana Keberatan Beban

HARIANFOKUS.com – Terus membuncahnya penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung, salah satunya, akibat ketidakcermatan Gubernur Arinal Djunaidi dalam menempatkan personil pejabatnya.

Contohnya, sampai saat ini, Gubernur Arinal masih belum menempatkan personil sebagai pejabat definitif direktur utama RSUDAM, dan lebih memilih memberikan beban tambahan bagi Kepala Dinas Kesehatan, Reihana, untuk juga meng-handle semua kegiatan rumah sakit pemerintah itu.

“Padahal, “Tupoksi Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit itu sangat berbeda. Yang satu bertanggungjawab secara keseluruhan dalam urusan kesehatan rakyat, sedang satunya fokus pada pelayanan kesehatan. Jadi kalau sampai saat ini jabatan direktur utama RSUDAM masih dipegang kepala Dinas Kesehatan, ini salah besar. Gubernur Arinal perlu denger ini. Reihana itu sudah keberatan beban jabatan. Bagaimana bisa fokus mengendalikan penyebaran Covid-19 bila tidak segera dilakukan perubahan,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Lampung, Garincha Reza Pahlevi, Senin (26-7) siang.

Politisi Partai NasDem ini menegaskan pernyataannya agar Gubernur mendengar dan segera mengevaluasi jabatan yang dibebankan pada Reihana ini, semata-mata agar yang bersangkutan benar-benar fokus dalam tugas utamanya yaitu mengendalikan kesehatan seluruh masyarakat Lampung.

“Tugas sebagai kepala Dinas Kesehatan selama belasan tahun ini tidak menunjukkan prestasi yang layak diberi penghargaan, kok dalam kondisi tingkat terpaparnya rakyat akibat Covid-19 semakin hari makin membeludak begini, masih saja diberi beban tambahan memimpin RSUDAM. Memangnya sudah tidak ada lagi pejabat di jajaran pemprov yang memiliki kemampuan memimpin rumah sakit itu,” sambung Garincha.

Wakil rakyat asal dapil Lampung Timur ini minta Gubernur Arinal untuk bisa berpikir dan bertindak taktis strategis dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Lampung yang semakin nampak tidak terkendali.

“Jangan hanya karena demi mempertahankan seorang Reihana, akhirnya mengorbankan nyawa ratusan rakyat Lampung. Penanganan pengendalian penyebaran Covid-19 ini memerlukan orang yang benar-benar fokus pada tugas utamanya. Jangan dibebani tugas-tugas lain yang sebenarnya bisa ditangani oleh yang lain,” kata Waka Komunikasi Publik DPW Partai NasDem Lampung ini.

Garincha mengaku Komisi V DPRD Lampung telah beberapa kali mendorong agar Gubernur Arinal Djunaidi segera mendefinitifkan posisi direktur utama RSUDAM. Dengan demikian, pelayanan pun akan dapat semakin meningkat.

“Tapi sampai saat ini apa yang kami sampaikan dalam beberapa kesempatan itu, tidak pernah menjadi perhatian,” aku dia.

Garincha mengaku prihatin dan miris melihat perkembangan penyebaran Covid-19 yang terus naik setiap harinya di Lampung. Sementara penanganan pengendalian oleh jajaran Pemprov Lampung masih begitu-begitu saja. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *