31 views

Perda Penyelenggaraan Kearsipan Disosialisasikan

HARIANFOKUS.com – Selama 2 hari, sejak Rabu (27-10) hingga Kamis (28-10) petang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menyelenggarakan bimtek peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola arsip dan sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kearsipan bagi perangkat daerah (PD) dilingkungan Pemprov Lampung, bertempat di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung.

Kegiatan yang diikuti 58 peserta yang merupakan pengelola arsip pada perangkat daerah (PD) dilingkungan Pemprov Lampung itu, menurut Putri Kartarina selaku ketua panitia, bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan SDM di bidang pengelolaan kearsipan, sehingga tercipta tata kelola arsip yang baik dan profesionalisme bagi pengelola arsip.

Selain itu, lanjut Putri Kartarina, juga bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dalam pengelolaan kearsipan. Dengan harapan, setelah mengikuti bimtek dapat memberikan kontribusi bagi perangkat daerah (PD) dalam mencapai efektivitas dan efisiensi kerja serta mengantisipasi hilangnya arsip yang mempunyai nilai memori dan sumber sejarah.

“Dan yang lebih penting lagi, agar setiap pengelola arsip pada perangkat daerah (PD) dapat memedomani Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelengaraan Kearsipan. Karena sekarang kita sudah memiliki peraturan sendiri untuk pengelolaan kearsipan ini, itu sebabnya perlu disosialisasikan,” urai Putri Kartarina.

Mengenai pemateri dalam bimtek selama 2 hari itu, Putri Kartarina menjelaskan, narasumber adalah pejabat Deputi Peningkatan SDM dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) serta para pejabat ahli di bidang kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Menurut dia, para peserta selain mendapatkan materi sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, juga memperoleh pengetahuan tentang pengelolaan arsip dinamis dan statis, pengawasan kearsipan, pemberkasan dan penyusutan arsip, serta praktik pemberkasan arsip.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Dra. Ratna Dewi, MM, saat membuka acara tersebut mengemukakan pentingnya wawasan dan kemampuan pengelola arsip dilingkungan perangkat daerah (PD), sehingga arsip yang ada dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien sesuai dengan amanat Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

Ratna Dewi menegaskan, Perda Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kearsipan merupakan dasar dan pedoman bagi para pengelola arsip dalam melaksanakan tugas sebagai pengelola arsip dilingkungan Pemprov Lampung.

“Arsip memiliki manfaat yang sangat besar bagi perangkat daerah (PD), karena arsip merupakan pelaksanaan informasi dari kegiatan yang dilakukan oleh perangkat daerah,” lanjut Ratna Dewi sambil berharap setelah mengikuti bimtek selama 2 hari ini, pengelola arsip pada masing-masing perangkat daerah di jajaran Pemprov Lampung dapat meningkat kemampuan dan keterampilannya dalam penataan arsip dan manfaat yang diperoleh adalah peningkatan pelayanan administrasi bagi perangkat daerah. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *