11 views

Dinas Perpustakaan Gelar Bimtek Tata Boga

HARIANFOKUS.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Jumat (30/5/22) siang, menggelar bimbingan teknis bertajuk transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022, dengan spesifikasi tata boga, berupa pembuatan donat fantasi , pancake durian, dan rollcake redvelvet.

Pada kegiatan yang dipusatkan di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, itu Bunda Literasi Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dalam sambutan yang dibacakan Ratna Dewi, menyatakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung saat ini tidak hanya sebagai penyedia buku semata, namun memfasilitasi masyarakat dengan berbagai program pelatihan dan keterampilan. Yang bertujuan untuk memberdayakan sosial ekonomi masyarakat.

“Perpustakaan berfungsi sebagai tempat belajar masyarakat, wahana untuk mencari informasi dan rekreasi, yang tidak hanya mencerdaskan namun juga memberdayakan masyarakat, dengan dampak meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat,” kata Ratna Dewi, yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Mengenai pilihan bimtek tata boga dengan fokus pada pembuatan donat fantasi, pancake durian dan rollcake redvelvet, menurut Ratna Dewi, sebagai wujud nyata instansi yang dipimpinnya dalam mendukung pengembangan kuliner sebagai peluang bisnis yang saat ini semakin berkembang dengan baik.

“Saat ini, bisnis kuliner berupa kue dan roti berkembang dengan pesat. Mulai dari usaha rumahan, kaki lima, cafe hingga ke restoran kelas atas. Dan peluang ini terbuka bagi siapa saja, serta membuka lapangan pekerjaan secara nyata,” lanjut Ratna Dewi.

Sementara ketua panitia bimtek tata boga, Putri Kartarina, menjelaskan, peserta bimtek berasal dari 13 kabupaten se-Lampung, di mana desa/pekon atau kampung yang mereka telah mendapatkan bantuan buku pada tahun anggaran 2021 silam. Sehingga kegiatan ini merupakan kesinambungan bagi pemberdayaan masyarakat yang terlibat aktif di dalam kegiatan perpustakaan di desanya masing-masing.

Kegiatan bimtek tata boga dengan praktik pembuatan donat fantasi, pancake durian dan rollcake red velvet tersebut, dipandu oleh Elsa, pimpinan Bangau Kitchen Lampung.

Menurut Putri Kartarina yang juga Kepala Bidang Sumber Daya Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, kegiatan tersebut diikuti oleh 38 peserta, yang terdiri dari 2 orang berasal dari Kabupaten Way Kanan, 4 orang dari Tulang Bawang Barat, 2 orang dari Lampung Utara, 4 orang dari Pesisir Barat, 2 orang dari Lampung Tengah, 4 orang dari Lampung Selatan, 4 orang dari Pesawaran, 2 orang dari Lampung Barat, 2 orang dari Lampung Timur, 2 orang dari Mesuji, 4 orang dari Pringsewu, 4 orang dari Tanggamus, dan 2 lainnya dari Tulang Bawang.

“Peserta bimtek tata boga bukan hanya mendapat pengetahuan dan praktik pembuatan donat fantasi, pancake dan rollcake red velvet , tetapi juga mendapatkan bantuan dari Bunda Literasi Provinsi Lampung berupa oven gas. Dengan total bantuan secara keseluruhan mencapai 19 unit,” jelasnya. (*)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *