Dewan Pers dan AJI Balam Gelar Workshop Netralitas Media dalam Pilkada

HARIANFOKUS.com  – Dewan Pers bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung akan menggelar workshop dengan mengambil tema Menjaga Netralitas dan Independen Media dalam Pilkada 2018 yang akan dilaksanakan di Hotel Emersia Jl WR Mongonsidi, Bandarlampung, Selasa (3/10) pagi.

Ketua AJI Bandarlampung, Padli Ramdan menyampaikan Lampung merupakannsalah satu provinsi yang akan menggelar Pilkada 2018, selain Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

“Ada banyak kepentingan dalam pilkada di wilayah ini bukan hanya partai politik, tapi juga interes para pengusaha dan pemodal akan meramaikan bursa pencalonan kandidat pilkada. Media akan menjadi instrumen penting yang akan dilirik bagi mereka yang memeliki kepentingan untuk memenangkan calon masing-masing,” ucapnya, Senin (2/10).

Untuk itu Kode Etik Jurnalistik (KEJ) mensyaratkan independensi, akurasi berita, keberimbangan, itikad baik, azas praduga tak bersalah, membela kelompok voiceless l, dan perlindungan terhadap narasumber/ orang beresiko.

“Bukan tidak mungkin penyajian beriata selama pilkada akan berbenturan dengan KEJ yang seharusnya menjadi acuan wartawan/jurnalis dalam menyajikan berita terkait pilkada. Tugas utama jurnalis adalah mengungkap kebenaran, komitmen utama jurnalis adalah kepentingan publik,” ungkapnya.

Worshop ini akan menghadirikan pembicara dari Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, dan anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi. (win)

Bagikan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *